Minggu, 13 Desember 2009

Sejarah Animasi

Diposting oleh Rhyta di 00.25
Kata ANIMASI berasal dari bahasa latin ANIMA=jiwa/soul.Jadi animasi adalah menggambarkan banyak/tepat proses dan gerakan sehingga menimbulkan ilusi gerak ( PRESISTENCE OF VICION) secara frame by frame.Sedangkan arti dari PRESISTENCE OF VICION adalah bayangan iring/gejala pada mata kita di mana mata tidak dapat menangkapa gambar dalam waktu lebih lama dari yang sebenarnya . Pada proyektor kecepatan gambar sebanyak 16 frame per sekon/(fps),24 dan 30 fps.Maka kekosongan obyek pengihatan yang terjadi diantara 2 gambar yang di proyeksikan dapat di tangkap oleh mata sehingga terjadi ilusi gerak.

  1. Animasi pertama kali ditemukan di Iran yaitu:Dengan di temukannya sebuah artefak bergambar babi berkaki banyak.Tepatnya di GUA ALMIRA sekitar 35 ribu tahun yang lalu.
  2. Pembuat film animasi yang berjudul “GARTLE THE DINOSAURUS” adalah WILSON MICKEY yang di sebut film animasi bisu,di putar dengan alat yang mirip proyektor dan menceritakan tentang kehidupan dinosaurus.
  3. Animasi kartun yang di ciptakan oleh seorang tokoh di Pancis yang bernama EMILE REYNAUD => menemukan sebuah alat yaitu: PRAKSINOSKOP.Alat ini menggunakan 12 lingkaran.Pada tanggal 28 Oktober 1892,Emile Reynaud tepatnya di MUSSE GREVIN PARIS (Prancis),dia menemukan sebuah karya animasi yang meliputi sebuah lingkaran yang terdiri dari 500 frame.Dengan menggunakan alat yang bernama SYSTEM OPTIK TEATER .Ini merupakan sebuah alat yang mempunyai proyektor modern.
  4. Dibuat animasi kartun yang pertama dalam sebuah film gambar standart.Film tersebut berjudul “FANTASMAGIRUE” yang di sutradarai oleh Emile Counted atau Emile Cohl.Film ini di putar pada 17 Agustus 1908.Tempat pemutarannya di THEATRE DU GYMNASE (Paris) Emile Countet kemudian pergi ke “FARTLEE-di New JERSEY “ pada tahun 1912.Dia bekerja di studio animasi milik Prancis kemudian dia menyebarkan ilmunya di Amerika.
  5. Diciptakannya film animasi boneka 1 yang berjudul “THE BEATIFUL LUCANIDA” pada tahun 1910 oleh “WLADYSLAW STAREWIT” dari Polandia.
  6. Di ciptakannya sebuah film animasi “FEATURE“(artinya film nyata) yang berjudul “EL ALPOSTOL”pada tahun 1917 dari Argentina pembuatnya bernama “QUIRINO CRISTIANI” .
  7. Diciptakannya film animasi 2 yang berjudul “THE ADVENTURE PRINCE OCHMED”.Pad tahun 1926 di Jerman.pembuatnya “LOTTE REINIGER“dari Jerman dan “BERTHOLD BARTOSOH dari Hungaria”.

Definisi teknis ANIMASI adalah Gabungan kerja seni dan teknis dengan melalui proses yang rumit di dalam memberikan kehidupan yang nyata kepada obyek tak bernyata atau mati.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Diary Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Dimas Aditya Sponsored by Freeware Download